PENGARUH HARGA, PROMOSI, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHARP LED TV 32" DI INFORMA ELEKTRONIK SUKASARI BOGOR

Gofur Akbar
2411807095
2022
PENGARUH HARGA, PROMOSI, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHARP LED TV 32" DI INFORMA ELEKTRONIK SUKASARI BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Pada era saat ini, persaingan dalam dunia bisnis ritel semakin bertambah ketat. Pilihan konsumen untuk membeli produk televisi di Informa Elektronik Sukasari Bogor tentu tidak lepas dari usaha manajemen toko untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya, khususnya kegiatan pemasaran seperti harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Sharp LED TV 32” di Informa Elektronik Sukasari Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sharp LED TV 32” Di Informa Elektronik Sukasari Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 66,7% faktor-faktor keputusan pembelian Sharp LED TV 32” di Informa Elektronik Sukasari Bogor dijelaskan oleh harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 33,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan pembelian Sharp LED TV 32” di Informa Elektronik Sukasari Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (50,593) > Ftabel = (2,47). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga hasil analisis thitung (2,941), promosi (4,465), kualitas pelayanan (2,876) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel lokasi menunjukkan hasil thitung (0,088) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Sharp LED TV 32” di Informa Elektronik Sukasari Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian Sharp LED TV 32” di Informa Elektronik Sukasari Bogor adalah promosi.

Kata kunci: harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan, keputusan pembelian.

S1 Manajemen
101