PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN CISARUA BOGOR)

Muhamad Andrian Ramadhan
2411806992
2022
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN CISARUA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Seiring perkembangan dunia bisnis khususnya yang bergerak di usaha transportasi khuusnya sepeda motor. Banyak sekali pelaku usaha yang gencar membuka usaha tersebut, maka persaingan menjadi sangat ketat. Ini terbukti dengan banyaknya produk dengan berbagai merek alat transportasi sepeda motoryang saat ini terus mengalami perkembangan yang luar biasa khususnya di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Khusus di Kota Bogor sendiri, perkembangan bisnis transportasi sepeda motor sangat berkembang pesat dan sangat menjanjikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk harga dan, promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda beat di kecamatan Cisarua. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 36,8% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan promosi sedangkan sisanya 63,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan uji F menunjukan bahwa secara serempak kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan analisis yaitu nilai Fhitung (20,214) > Ftabel (2,100). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (5,778) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Beat di Kecamatan Cisarua. Adapun variable harga dan promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Beat di Kecamatan Cisarua. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Be Sepeda Motor Honda Beat di Kecamatan Cisarua adalah kualitas produk.

Kata kunci: Kualitas produk, harga, promosi dan keputusan pembelian

S1 Manajemen
94