PENGARUH APLIKASI INDOMARET POINKU, POTONGAN HARGA DAN HADIAH UNDIAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDOMARET (STUDI KASUS PADA INDOMARET BANJARAN RESIDENCE)

An Nisa Khanza Mutiara Zam-Zam
2411806808
2022
PENGARUH APLIKASI INDOMARET POINKU, POTONGAN HARGA DAN HADIAH UNDIAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDOMARET (STUDI KASUS PADA INDOMARET BANJARAN RESIDENCE)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Saat ini pasar modern sudah dapat ditemukan dimana saja, pasar modern ini tentunya lebih unggul dari pada pasar tradisional. Salah satu pembedanya adalah aplikasi membership pada pasar modern. Dalam studi kasus ini penelitian dilakukan di Indomaret Banjaran Residence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Aplikasi Indomaret Poinku, Potongan Harga dan Hadiah Undian Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 95% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh aplikasi indomaret poinku, potongan harga dan hadiah undian sedangkan sisanya 5 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel aplikasi indomaret poinku, potongan harga dan hadiah undian secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (59.763) dan memiliki signifikansi nilai sebesar 0,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel aplikasi indomaret poinku menunjukkan hasil analisis thitung (2,637) dan variabel potongan harga menunjukkan hasil analisis thitung (5,246) dimana secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Indomaret Banjaran Residence. Adapun variabel hadiah undian tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Indomaret Banjaran Residence dengan nilai hasil analisis thitung (0,641). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Indomaret Banjaran Residence adalah aplikasi indomaret poinku dan potongan harga.

Kata kunci: Aplikasi Indomaret Poinku, Potongan Harga, Hadiah Undian, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
273