Analisis Strategi Lapis Bogor Sangkuriang di Toko Oleh-Oleh Selera Kita
Persaingan industri kuliner khususnya produk oleh-oleh khas daerah menjadi suatu tantangan tersendiri bagi setiap para pelaku usaha untuk mampu mempertahankan dan mengembangkannya. Salah satunya adalah Toko OSK, tempat perbelanjaan oleh-oleh khas daerah yang terletak di Jl. Mayor Oking Citeureup-Bogor yang harus mampu bersaing dengan memiliki strateg yang efektif untuk keberlangsungan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan usaha Toko OSK dan jenis penelitian deksriptif dengan pengumpulan data menggunkan kuesioner dengan jumlah sample 5 orang. Pengolahan data menggunakan analisis data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 14 faktor internal dan 12 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi Toko OSK. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 3,0 dan total skor bobot matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 3,3. Total skor bobot matriks IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi Toko OSK berada pada sel I. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh pemilik usaha Toko OSK Mitra Resmi Lapis Bogor Sangkuriang. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi “Meningkatkan pangsa pasar produk yang ditawarkan dengan harga yang bersaing dan menjaga kualitas produk, kepercayaan pelanggan dan hubungan baik dengan supplier melalui perkembangan industri kuliner yang berkembang di kota dan kab. Bogor.”
Kata kunci: Lapis Bogor Sangkuriang, Toko OSK, data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM)
- COVER_APRILIA PRATAMA_2411806930.pdf
- BAB I_APRILIA PRATAMA_2411806930.pdf
- BAB II_APRILIA PRATAMA_2411806930.pdf
- BAB III_APRILIA PRATAMA_2411806930.pdf
- BAB IV_APRILIA PRATAMA_2411806930.docx.pdf
- BAB V _APRILIA PRATAMA_2411806930.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_APRILIA PRATAMA_2411806930.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.