PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG PADA SAMSUNG EXPERIENCE STORE MARGOCITY DEPOK

Muhammad Ishaq
2411806838
2022
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG PADA SAMSUNG EXPERIENCE STORE MARGOCITY DEPOK
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

MUHAMMAD ISHAQ, NIM 2411806838. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Samsung Experience Store Margocity Depok. Pada zaman modern seperti sekarang ini banyak sekali jenis alat komunikasi, misalnya telepon rumah, handphone atau bisa melalui internet (chatting dan e-mail). Handphone bukan merupakan barang yang mewah bagi masyarakat pada saat ini, karena hampir semua masyarakat memiliki handphone. Masyarakat lebih tertarik dan lebih banyak menggunakan handphone dari pada alat komunikasi lainya, karena mudah dibawa dan dapat digunakan kapanpun ketika pengguna membutuhkanya. Salah satu merek Handphone yang sudah sangat dikenal baik oleh konsumen khusunya di Indonesia adalah Samsung. Handphone pabrikan asal Korea ini termasuk salah satu yang paling lama di Indonesia. Inovasi yang terus dilakukan menyesuaikan dengan perkembangan zaman menjadikan Samsung terus bertahan dari masa ke masa ditengah gempuran produsen-produsen baru yang menawarkan segala kecanggihan dari produknya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel komunikasi pemasaran yang terdiri dari periklanan (X1), promosi penjualan (X2), publisitas (X3), dan penjualan langsung (X4) terhadap keputusan pembelian handphone Samsung (Y). Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer yang diolah dengan menggunakan spss 24. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik berupa uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji normalitas, analisis regresi linier berganda, serta koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis berupa uji t parsial dan uji F simultan. data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menggunakan uji koefisien determinasi R2 menunjukan bahwa 94,4% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan langsung sedangkan sisanya 5,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Hasil uji F simultan menunjukan 421,939 > 2,70 dan 0,000 < 0,05 yang artinya periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan langsung secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t parsial menunjukan variabel periklanan 0,000 < 0,05, promosi penjualan 0,036 < 0,05, publisitas 0,000 < 0,05, dan penjualan langsung 0,000 < 0,05 yang artinya periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan langsung berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah penjualan langsung dengan nilai standardized coefficient beta 0,345.

Kata kunci: Keputusan pembelian, Penjualan langsung, Periklanan, Promosi penjualan, Publisitas

S1 Manajemen
91