PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK YOU C 1000 (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)

M. Syahrul Hidayat
2411806983
2022
PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK YOU C 1000 (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Seiring perkembangan dunia bisnis khususnya yang bergerak di usaha minuman, maka persaingan menjadi sangat ketat. Ini terbukti dengan banyaknya produk-produk minuman yang saat ini terus mengalami perkembangan yang luar biasa khususnya di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Khusus di Kota Bogor sendiri, perkembangan bisnis minuman sangat berkembang pesat dan sangat menjanjikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian You C. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 60,6% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga, promosi dan kualitas produk sedangkan sisanya 39,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan uji F menunjukan bahwa secara serempak harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan analisis yaitu nilai Fhitung (51,701) > Ftabel (2,100). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (3,598), variabel kualitas produki thitung (4,983) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial variabel promosi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian You C 1000. Adapun variable harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian You C 1000. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian You C 1000 adalah kualitas produk.

Kata kunci: Harga, promosi, kualitas produk dan keputusan pembelian.

S1 Manajemen
169