ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS WISATA D’OYAN KOTA BOGOR DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

Muhamad Sopian Sahuri
2411807177
2022
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS WISATA D’OYAN KOTA BOGOR DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Pariwisata merupakan salah satu sektor industri yang berpotensi memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pembangunan ekonomi suatu daerah. Perkembangan pariwisata di suatu daerah akan menarik berkembangnya sektor-sektor lain.Kota Bogor merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Barat yang memiliki daya tarik wisata yang begitu banyak dan bervariasi. Salah satu destinasi wisatanya adalah wisata D'Oyan yang berada di Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Dari banyaknya pariwisata di Kota Bogor membuat persaingan semakin tinggi sehingga berdampak kepada perkembangan Kampung Wisata D’Oyan yang perlu strategi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui bisnis Kampung Wisata D’oyan berdasarkan Business Model Canvas, menganalisis alternatif strategi menggunakan analisis SWOT, merekomendasikan strategi bisnis Kampung Wisata D’Oyan dimasa mendatang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang didapat dari interview, observasi, dan dokumentasi. Data Primer yang diperoleh didapat dari interview, observasi, dan survei. Alat analisis yang digunakan adalah Business Model Canvas dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan pada segmen pelanggan harus mulai berjejaring dengan organisasi/Komunitas, proporsi nilai tercipta tim pemandu wisata dan memperbaiki fasilitas seperti tempat parkir, aktifitas utama lebih masif melakukan promosi, saluran yang digunakan mulai merambah ke media sosial lain seperti tiktok, youtube serta website, mitra kerja mulai lebih banyak melibatkan masyarakat sekitar, dalam sumber daya utama terjadi penambahan dan dari elemen model bisnis yang di analisa, menuntut adanya penambahan biaya yang harus dikeluarkan namun bisa dipenuhi dengan mencoba mencari investor.

Kata kunci: Kampung Wisata D’oyan, Manajemen Strategi, Bisnis Model Kanvas, SWOT

S1 Manajemen
233