ANALISIS STRATEGI DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING DI SONY LAUNDRY (CV. SMK)

Amar Ludy Yahya
2411806928
2022
ANALISIS STRATEGI DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING DI SONY LAUNDRY (CV. SMK)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

ABSTRAK AMAR LUDY YAHYA. NIM 2411806928 Analisis Strategi Dalam Upaya Peningkatan Daya Di Sony Laundry (CV. SMK) Perkembangan bisnis di Indonesia ini semakin berkembang akan kompetisi bersaing, perubahan, dan ketidakpastian. Terutama pada bidang usaha Laundry yang terjadi di Sony Laundry membuat keadaan yang dinamis ini menimbulkan persaingan yang tajam antara gerai-gerai Laundry yang lain. Sehingga kondisi persaingan pada usaha Sony Laundry semakin ketat dan mengakibatkan adanya penurunan omset dan penurunan jumlah pelanggan yang terjadi Sony Laundry. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui strategi pengembangan yang terjadi di Sony Laundry, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 3 (tiga) orang. Pengelolaan data menggunakan analisis data Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal-Eksternal (IE), Analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 13 faktor internal dan 10 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi Sony Laundry. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 2,72 dan total skor bobot matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 3,36. Total skor bobot matriks IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi Sony Laundry berada pada sel II. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh pemilik usaha Sony Laundry. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi melakukan Kolaborasi/bekerjasama dengan pendor lain guna mempertahankan pelanggan serta mencari sumber dana bantuan yang disediakan pemerintah. ABSTRAK AMAR LUDY YAHYA. NIM 2411806928 Strategy Analysis in Efforts to Increase Power in Sony Laundry (CV. SMK) The development of business in Indonesia is increasingly growing due to competitive competition, change, and uncertainty. Especially in the Laundry business that occurs at Sony Laundry, this dynamic situation creates sharp competition between other Laundry outlets. So that the conditions of competition in the Sony Laundry business are getting tighter and result in a decrease in turnover and a decrease in the number of customers that occurs in Sony Laundry. This study focuses on knowing the development strategy that occurs at Sony Laundry, the type of research used is descriptive research with data collection using a questionnaire with a sample of 3 (three) people. Data management uses data analysis Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Internal-External Matrix (IE), SWOT Analysis and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Based on the identification results obtained 13 internal factors and 10 external factors that can be used to assess the condition of Sony Laundry. From the results of data processing, the total weight score on the Internal Factor Evaluation (IFE) matrix is 2.72 and the total weight score for the External Factor Evaluation (EFE) matrix is 3.36. The total IFE and EFE matrix weight scores are entered into the Internal-External (IE) matrix, so that it is known that the Sony Laundry position is in cell II. Furthermore, an alternative strategy is designed using the SWOT matrix. Then the alternative strategies obtained from the IE matrix and SWOT matrix are given an attractiveness score against the main factors of strengths, weaknesses, opportunities, and threats to obtain strategic priorities that will be carried out by Sony Laundry business owners. Based on the results at the decision stage, the strategy that has the highest priority is obtained, namely the strategy of collaborating/cooperating with other vendors to retain customers and seek sources of aid provided by the government.

Kata kunci: Kata kunci: Sony Laundry, data Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), matriks internal-eksternal (IE), analisis SWOT, dan Quantitative Planning Matrix (QSPM)

  • Bab I.pdf
  • BAB II.pdf
  • BAB III.pdf
  • BAB IV.pdf
  • BAB V.pdf
  • Cover depan.1.pdf
S1 Manajemen
84