Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Harapan Maju di Kota Bogor

Muhamad Sukron
2411807178
2022
Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Harapan Maju di Kota Bogor
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Kewirausahaan adalah sebuah proses menciptakan sesuatu agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi, macam-macam berwirausaha dapat dilakukan contohnya adalah wirausaha jagung manis Harapan Maju adalah salah satu contoh rumah industri yang menjalankan kewirausahaan dalam bentuk produk jagung manis yang kita tahu di indonesia adalah negara yang banyak mengkonsumsi jagung setelah nasi. Dalam usahanya Harapan Maju selalu melakukan inovasi dalam produknya, akan tetapi masih ada bagian-bagian yang belum di kembangkan Harapan Maju, karena terbatasnya pengetahuan dan tenaga, maka dari itu peneliti tertarik untuk membantu dalam menyelesaikan masalah ini. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Harapan Maju Di Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Harapan Maju Di Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 45,60% faktor-faktor keputusan pembelian di Harapan Maju Kota Bogor dijelaskan oleh harga, promosi, kualitas produk dan lokasi toko sedangkan sisanya 54,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari harga, promosi, kualitas produk dan lokasi toko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Harapan Maju di Kota Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (21,765) > Ftabel = (2,311). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga hasil analisis thitung (2,172), kualitas produk (3,196), dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel promosi menunjukkan hasil thitung (2,288), lokasi (1,029), dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Harapan Maju Kota Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Harapan Maju Kota Bogor adalah kualitas produk.

Kata kunci: harga, promosi, kualitas produk, lokasi, keputusan pembelian

S1 Manajemen
39