PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SICEPAT EKSPRESS CABANG PANDANSARI KABUPATEN BOGOR

Leni Rahmawati
2411807163
2022
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SICEPAT EKSPRESS CABANG PANDANSARI KABUPATEN BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Ekspedisi adalah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang pengiriman Barang/Logistik baik itu secara jalur darat, jalur air maupun jalur udara, memberikan Sebuah pelayanan yang efektif dan efisien yang mempunyai sebuah tujuan untuk dapat Memuaskan keinginan para pelanggannya yang akan melakukan pengiriman barang. Dibalik itu masih banyak kendala yang dialami oleh perusahaan ekspedisi yang tak ayal Menimbulkan komplain dari pelanggan, banyak faktor yang melatar belakangi timbul nya Komplain dari pelanggan, baik itu kendala internal maupun eksternal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara acidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 83 responden, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 83,80% faktor-faktor kepuasan pelanggan sicepat Ekspres bogor pandansari dijelaskan oleh harga dan kualitas pelayanan sedangkan 16,20% Dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F Menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari harga dan kualitas pelayanan Secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sicepat Ekspres cabang bogor pandansari dengan hasil analisis Fhitung = (213.588) > Ftabel (2,37). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga hasil analisis thitung (3.000) dan kualitas Pelayanan menunjukan hasil thitung sebesar (8.438) maka secara parsial kedua variabel Tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sicepat ekspres Cabang bogor pandasari.

Kata kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
125