PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA GURU DAN PEGAWAI DI MTS AL MUAWANAH

Muhamad Rifa'i
2411807175
2022
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA GURU DAN PEGAWAI DI MTS AL MUAWANAH
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

MUHAMAD RIFA’I. NIM 2411807175. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru-Guru dan Pegawi MTs Al-muawanah. Di era globalisasi sekarang ini persaingan mutu dan kualitas pendidikan semakin meningkat. Di Indonesia pendidikan merupakan program utama dalam pembangunan nasional, maju dan berkembangnya suatu bangsa sangat ditentukan oleh keadaan pendidikan yang dilaksanakan oleh bangsa tersebut. Menyadari hal tersebut pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, karena dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru-Guru dan Pegawai di MTs Al-Muawanah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Sampel Total dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Adapun sampel tersebut berjumlah 30 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 54,6% faktor-faktor kinerja guru-guru dan pegawai di MTs Al-Muawanah dijelaskan oleh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin sedangkan sisanya 45,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kepemimpinan, motivasi dan disiplin secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru-guru dan pegawai di MTs Al-Muawanah dengan hasil analisis Fhitung = (12,641) > Ftabel = (3,28). Hasil Uji t menunjukkan variabel kepemimpinan hasil analisis thitung (1,132) < ttabel (2,0555), motivasi hasil analisis thitung (0,543)< ttabe (2,0555) dan disiplin hasil analisi thitung (2,629) > ttabel (2,0555) maka secara parsial kepemimpinan dan motivasi variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru-guru dan pegawai di MTs Al-Muawanah. Sedangkan secara parsial disiplin variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kinrtja guru-guru dan pegawai di MTs Al-Muawanah. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja guru-guru dan pegawai adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah.

Kata kunci: gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kinerja guru dan pegawai.

S1 Manajemen
89