Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan SB (Studi Kasus Kota Bogor)

Dodi Supriyadi
2411807149
2022
Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan SB (Studi Kasus Kota Bogor)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Perusahaan start up dikenal juga dengan sebutan perusahaan rintisan. Istilah ini digunakan untuk menyebut perusahaan yang baru berdiri atau berjalan kurang dari 5 tahun. Istilah start up kemudian mengalami pergeseran secara kontras seiring dengan meningkatnya pemanfaatan teknologi oleh para perusahaan rintisan sejak tahun 2000-an. Perusahaan start up tidak hanya mencakup perusahaan yang baru berjalan. Istilah ini juga disematkan pada perusahaan yang menggunakan teknologi sebagai bisnis intinya. Salah satu perusahaan start up adalah SB Bogor yang dalam usahanya melakukan inovasi dalam aktifitas pasarnya, akan tetapi masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan lagi oleh SB Bogor agar bisa bertahan lama dan tidak tergantikan oleh perusahaan kompetitor, maka dari itu peneliti tertarik untuk membantu dalam menyelesaikan masalah ini. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan SB Bogor (Studi Kasus Kota Bogor). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan SB Bogor di Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 34,50% faktor-faktor kepuasan pelanggan SB Bogor dijelaskan oleh harga, promosi, kualitas pelayanan dan kualitas produk sedangkan sisanya 66,50% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari harga, promosi, kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan SB Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (14,040) > Ftabel = (2,467). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga hasil analisis thitung (0,445) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelangan. Sedangkan variabel promosi menunjukkan hasil thitung (2,377), kualitas pelayanan (2,471) dan kualitas produk (2,515), dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan SB Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan SB Bogor adalah kualitas produk.

Kata kunci: harga, promosi, kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan pelanggan.

S1 Manajemen
35