Strategi Pelayanan dalam Meningkatkan Kualitas (Studi Kasus pada Toko Zen Bogor)
Pada akhirnya, dari seluruh tingkat pelayanan yang diberikan kepada konsumen adalah tuntunan profesionalisme dari staff pelayanan konsumen. Seiring dengan perkembangan bisnis tentu ada banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan. Dan persaingan tidak bisa dipungkiri, maka dari itu Toko Zen berusaha menciptakan strategi yang tepat agar dapat bertahan dalam situasi maraknya dengan usaha yang sejenis dan mampu mengatasi ancaman dari pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi Toko Zen. Lalu menganalisis alternatif strategi apa yang merekomendasikan prioritas strategi yang akan diterapkan dengan kondisi Toko Zen. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan tahapan-tahapan formulasi strategi yaitu matriks IFE dan matriks EFE, matriks SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal di Toko Zen terdapat 6 kekuatan dan 6 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 3 peluang dan 3 ancaman. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan skor sebesar 2,89 dan 3,87 yang artinya menunjukan bahwa kondisi internal toko zen diatas rata-rata atau dapat dikatakan cenderung kuat dalam memanfaatkan peluang untuk mengatasi kelemahan dan kondisi eksternal toko zen memiliki potensi eksternal yang kuat hal ini toko zen berada diatas rata-rata dalam memanfaatkan peluang yang ada dan mengatasi ancaman yang terjadi. Berdasarkan hasil analisis matriks QSP dari 4 alternatif strategi yaitu mengembangkan produk berkualitas yang sudah dimiliki dan mengembangkan pelayanan pembuatan busana pakaian dengan memanfaatkan sumber bahan baku yang mudah di dapat, memperluas pelayanan obras, neci dan pembuatan busana pakaian untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam mengatasi persaingan, menggiatkan promosi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi, melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan untuk memperkuat modal. Terdapat satu alternatif strategi yang diprioritaskan untuk diimplementasikan oleh perusahaan yaitu Mengembangkan produk berkualitas yang sudah dimiliki dan mengembangkan pelayanan pembuatan busana pakaian dengan memanfaatkan sumber bahan baku yang mudah di dapat dengan nilai (TAS=6,26).
Kata kunci: Toko Zen Bogor, faktor internal, faktor eksternal, matriks SWOT, QSPM
- BAB I_TENI KRISMIATI_2411807222.pdf
- BAB II_TENI KRISMIATI_2411807222.pdf
- BAB III_TENI KRISMIATI_2411807222.pdf
- BAB IV_TENI KRISMIATI_2411807222.pdf
- BAB V_TENI KRISMIATI_2411807222.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_TENI KRISMIATI_2411807222.pdf
- COVER_TENI KRISMIATI _2411807222.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.