Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Tahapanxpresi Oleh Nasabah BCA ( Studi Kasus Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok)

Mahkota Intan Manuputty
2411806832
2022
Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Tahapanxpresi Oleh Nasabah BCA ( Studi Kasus Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Sektor perbankan memegang peranan penting dalam meningkatkan usaha pengembangan di sektor ekonomi, dan juga berperan dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, serta pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan taraf hidup rakyat. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menawarkan keunggulan layanan yang berbeda dengan Bank Swasta lainnya di Indonesia. Bank BCA menyajikan beberapa produk unggulan, salah satunya adalah Tahapan Xpresi. Tahapan Xpresi diprioritaskan untuk kalangan milenial, oleh karena itu Tahapan Xpresi tampil dengan desain kartu yang beragam dan tepat untuk nasabah yang kreatif, dinamis dan berkarakter. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Penggunaan Produk Tahapan Xpresi oleh Nasabah BCA pada Anggota Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitisn penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Adapun sampel jenuh sebanyak 120 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 79,80% faktor-faktor keputusan penggunaan dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan brand image sedangkan sisanya 20,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas produk dan brand image secara serempak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan hasil analisis yaitu Fhitung (13,525) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (3,835) dan variabel brand image menunjukkan hasil analisis thitung (2,052) dimana ttabel (1,666) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan produk Tahapan Xpresi oleh anggota Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan penggunaan produk Tahapan Xpresi oleh anggota Organisasi Gerakan Pemuda GPIB Pancaran Kasih Depok adalah kualitas produk.

Kata kunci: Kualitas Produk, Brand Image, Keputusan Pengunaan

S1 Manajemen
78