ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK HIJAB PIYATIUNG TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Siti Hamidah
2411807214
2022
ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK HIJAB PIYATIUNG TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang tinggi. Harga adalah salah satu alat pemasaran kunci yang digunakan organisasi untuk mencapai tujuan pemasaran. Harga yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan untuk mendapatkan suatu hasil yang memuaskan. Artinya harga relatif murah pelanggan mendapatkan kualitas produk yang baik sesuai dengan keinginan pelanggan itu sendiri. Identifikasi masalah harga relatif murah, kualitas produk baik tidak mengecewakan, jenis bahan yang digunakan nyaman, memiliki beragam warna, hijab yang diproduksi memiliki jenis dan model desain beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk hijab piyatiung terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihian sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden dengan analisis regresi linier berganda. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 36,7% faktor – faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh harga dan kualitas produk sedangkan sisanya 63,3% oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan secara simultan variabel harga dan kualitas produk secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu Fhitung = 29,100 > Ttabel 3,09. Hasil uji T menunjukkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena Thitung (1,297) < Ttabel (1,984) serta nilai signifikannya diatas 0,05. Sedangkan variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena Thitung (6,187) > Ttabel (1,984) serta nilai signifikannya dibawah 0,05.

Kata kunci: harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan

  • Cover_Siti Hamidah_2411807214.pdf
  • BAB I_SITI HAMIDAH_2411807214.pdf
  • BAB II_SITI HAMIDAH_2411807214.pdf
  • BAB III_SITI HAMIDAH_2411807214.pdf
  • BAB IV_SITI HAMIDAH_2411807214.pdf
  • BAB V_SITI HAMIDAH_2411807214.pdf
  • DAFTAR PUSTAKA_SITI HAMIDAH_2411807214.pdf
S1 Manajemen
77