Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Le Minerale (Di Wilayah Kelurahan Tanah Baru Bogor Utara)

Rahma Fitria
2411807263
2022
Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Le Minerale (Di Wilayah Kelurahan Tanah Baru Bogor Utara)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Pada tahun 2015 Le Minerale muncul sebagai pesaing baru untuk perusahaan AMDK. Le Minerale adalah air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh Mayora Beverage yang menawarkan produk berkualitas dengan berbagai ukuran kemasan. Guna mengetahui apa yang membuat masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi produk dari air minum merek Le Minerale tersebut, terlebih ditengah munculnya varian galon sekali pakai Le Minerale yang menuai pro dan kontra mengenai kelestarian lingkungan yang berpengaruh terhadap citra merek. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan model analisisnya regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 97 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 61,0% faktor-faktor keputusan pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale di wilayah Kelurahan Tanah Baru Bogor Utara dijelaskan oleh kualitas produk dan citra merek sedangkan sisanya 39,0% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri kualitas produk dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale di wilayah Kelurahan Tanah Baru Bogor Utara dengan hasil analisis Fhitung = (76,136) > Ftabel = (3,09). Hasil Uji t menunjukkan variabel kualitas produk hasil analisis thitung (1,112) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel citra merek menunjukkan hasil thitung (5,443) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale di wilayah Kelurahan Tanah Baru Bogor Utara.

Kata kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
216