Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Sant Store Bogor

Ditta Kurniawan
2411807242
2022
Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Sant Store Bogor
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

DITTA KURNIAWAN. NIM 241.180.7242. Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Sant Store Bogor. Seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan budaya, minat konsumen terhadap fashion semakin tinggi. Banyaknya pilihan tempat dan harga penjualan maka persaingan antar toko semakin pesat. Adanya persaingan maka pihak toko harus meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap toko. Dalam hal ini terdapat masalah harga produk relatif mahal, lingkungan dan penataan produk kurang menarik pelanggan, kurangnya promosi penjualan, dan merek yang kurang dikenal masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Sant Store Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Nonprobability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel tidak memberi kesempatan yang sama bagi populasi yang dipilih menjadi sampel. Adapun sampel tersebut berjumlah 78 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 61% faktor-faktor Kepuasan Pelanggan di Toko Sant Store Bogor dapat dijelaskan oleh persepsi harga, promosi penjualan dan citra merek sisanya 39% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel persepsi harga promosi penjualan dan citra merek secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil Fhitung (93,806) > dari Ftabel = (2,700). Hasil uji t menunjukkan variabel persepsi harga hasil analisis thitung (4,389), dan citra merek (5,609) di mana ttabel (1,666) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel promosi penjualan menunjukkan thitung (0,387) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Toko Sant Store Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Toko Sant Store Bogor adalah citra merek.

Kata kunci: persepsi harga, promosi penjualan, citra merek, kepuasan pelanggan.

S1 Manajemen
210