PENGARUH PELAYANAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN CUSTOMER DALAM PEMBUKAAN REKENING TABUNGAN DI BRI UNIT PURBASARI BOGOR

Ceptiawan
2411606249
2022
PENGARUH PELAYANAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN CUSTOMER DALAM PEMBUKAAN REKENING TABUNGAN DI BRI UNIT PURBASARI BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

ABSTRAK CEPTIAWAN. NIM 2411606249 Pengaruh Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Customer Dalam Pembukaan Rekening Di Bank BRI Unit Purbasari Bogor. Dunia perbankan pada saat ini mengelami perkembangan yang sangat pesat, keadaan yang sangat kompetitif menyebabkan perubahan besar dalam persaingan di segala bidang lebih tepatnya pada bidang perbankan, perkembangan ini juga menuntut bidang perbankan harus dapat meningkatkan kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan untuk meningkatkan loyalitas nasabah terhadap perusahaan. Dalam hal ini masih terdapat masalah yang ditemukan khususnya di PT Bank Rakyat Indonesia Purbasari Bogor. Nasabah masih menemukan kekurangan pada kualitas pelayanan, produk sehingga hal ini dapat berpindahnya nasabah ke Bank pesaing yang akan menurunkan profit perusahaan dan tentunya akan merugikan perusahaan dalam jangka waktu yang Panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, terhadap Keputusan Nasabah di PT Bank Rakyat Indonesia Purbasari Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif degan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara acak sederhana (Sample Random Sampling). Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 82,4% faktor – faktor Keputusan Nasabah di PT Bank Rakyat Indonesia Purbasari Bogor dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan Citra Perusahaan sedangkan sisanya 17,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara serempak berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil analisis, yaitu nilai signifikansi 0.05 < 0.00. Hasil Uji t menunjukkan variabel pengaruh pelayanan mendapatkan nilai signifikansi 0.001 dimana lebih kecil dari 0.05 maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan customer. Variabel citra perusahaan mendapatkan nilai signifikansi 0.000 dimana lebih kecil dari 0.0.5 maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh positif terhadap keputusan costumer di PT Bank Rakyat Indonesia Purbasari Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas nasabah di PT Bank Rakyat Indonesia Purbasari Bogor Bogor adalah citra perusahaan dengan nilai Standaridized Coefficient Beta paling besar sebesar 0.707.

Kata kunci: Kata kunci: kualitas pelayanan, Citra Perusahaan, Keputusan nasabah.

S1 Manajemen
20