Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Ichwan,SE.,M.Ak
Fiki Muhamad Zulfikar
0417117203
2019
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
Depok-GICI Business School-2020
Laporan Penelitian Dosen

Perkembangan bisnis menjadi salah satu tolak ukur kemajuan suatu ekonomi negara. Tujuan utama setiap perusahaan adalah memaksimalkan keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, dibutuhkan modal atau dana yang besar sebagai pendukung kegiatan perusahaan. Dunia usaha sangat tergantung pada masalah pendanaan. Keputusan pendanaan berkaitan dengan keputusan perusahaan dalam mencari dana untuk membiayai investasi dan menentukan komposisi sumber pendanaan yang berasal dari laba ditahan, utang, dan ekuitas dalam membiayai investasi maupun kegiatan operasional perusahaan yang akan berdampak terhadap struktur modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016–2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh data sebanyak 8 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.552 > 0.05. Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, dibuktikan dengan dengan nilai signifikansi 0.939 > 0.05. Dan, profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal, dibuktikan dengan dengan nilai signifikansi 0.001 < 0.05. Secara parsial menunjukkan bahwa dua variabel yaitu ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, dan satu variabel yaitu profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal. Secara simultan ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa 0.346 > 0.05 secara bersama-sama ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal

Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Modal

S1 Akuntansi
55