Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI 2016-2018
Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang semakin pesat ini akan membawa dampak persaingan perdagangan yang ketat, terutama pada perusahaan sejenis. Dengan demikian perusahaan dituntut bekerja lebih efisien supaya dapat tetap bertahan dalam bidangnya masing-masing. Tujuan perusahaan walaupun yang satu dengan yang lainnya belum tentu sama, tetapi pada umumnya tujuan perusahaan terutama adalah memperoleh laba yang sebesar-besarnya salah satunya dengan meminimalkan biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI 2016-2018 dengan metode penelitian berupa pengumpulan data sekunder. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 24 perusahaan, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 29,6% faktor-faktor yang mempengaruhi laba besih dengan variabel biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan sedangkan sisanya 70,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (5,458)> F tabel (2,84). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel biaya produksi menunjukkan hasil analisis thitung -2,012 dan variabel biaya promosi menunjukkan hasil analisis thitung (0,719) dimana ttabel (2,02269) maka secara parsial kedua valiabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Adapun variabel volume penjualan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan terhadap laba bersih dengan nilai hasil analisis thitung (2,799). Variabel yang dominan mempengaruhi laba bersih pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi adalah volume penjualan
Kata kunci: Biaya Produksi, Biaya Promosi, Volume Penjualan, Laba Bersih