Analisis Biaya Operasional dalam Menentukan Harga Perawatan Untuk Menghasilkan Laba di Klinik Kecantikan “X” Bogor

Israfil Munawarah SE, M.Ak
Sekar Asih Astuti
0312019402
2020
Analisis Biaya Operasional dalam Menentukan Harga Perawatan Untuk Menghasilkan Laba di Klinik Kecantikan “X” Bogor
Depok-GICI Business School-2020
Laporan Penelitian Dosen

Klinik kecantikan adalah jasa perawatan kulit yang menawarkan produk dan jasa untuk melindungi, memperbaiki, dan meningkatkan tampilan kulit. Sudah banyak di Bogor yang menjalankan bisnis jasa klinik kecantikan. Klinik kecantikan "X" adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan dagang yang bergerak dibidang penjualan berbagai jenis cream racikan dokter dan obat-obatan untuk mengatasi berbagai macam keluhan pada kulit terutama kulit wajah. Setiap tahunnya klinik ini mengalami peningkatan jumlah pasien, sehingga memungkinkan terjadinya peningkatan penjualan produk maupun obat-obatan yang dijual di klinik. Selama 3 tahun berdiri, klinik ini mengalami peningkatan jumlah pasien setiap tahunnya sebesar 35% (pemilik klinik kecantikan "X", 01 mei 2018). Namun untuk setahun terakhir klinik kecantikan "X" mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, dikarenakan kenaikan bahan pokok yang semakin tinggi jadi minat pelanggan untuk melakukan perawatan sedikit berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis biaya-biaya operasional terhadap penentuan harga perawatan dan produk untuk menghasilkan laba pada Klinik Kecantikan "X" Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa biaya operasional sangat berpengaruh terhadap penentuan harga perawatan dalam menghasilkan laba, baik harga produk maupun harga perawatan keduanya sangat mempengaruhi laba perusahaan. begitu klinik kecantikan "X" Bogor harus bisa menetapkan harga perawatan yang sesuai dengan setiap tahun untuk menghasilkan keuntungan dan juga untuk selalu menambah perawatan-perawatan baru agar pelanggan selalu merasa nyaman

Kata kunci: Harga, Biaya Operasional, Laba Perusahaan

S1 Akuntansi
270