HASIL MANAJEMEN PERAN GANDA PEREMPUANSTUDI FENOMENOLOGI PADA TOKOH –TOKOHPEREMPUAN PENGUSAHA

Dr. Christina Ekawati. M.M
0326127603
2022
HASIL MANAJEMEN PERAN GANDA PEREMPUANSTUDI FENOMENOLOGI PADA TOKOH –TOKOHPEREMPUAN PENGUSAHA
Depok-GICI Business School-2022
Jurnal

AbstrakSemakin meningkatnya jumlah perempuan Indonesia yang bekerja dimana sebagian diantaranya juga merupakan seorang istri dan seorang ibu atau yang biasa disebut berperan ganda menjadi latar belakang penelitianini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang pengelolaan peran ganda perempuan serta hal-hal yang terkait dengan fenomena tersebut hingga menghasilkan konsep-konsep dari sudut pandang ilmu manajemen terutama manajemen sumber daya manusia. Kebaruan penelitian ini antara lain adalah menggunakan subjek penelitian tiga orang tokoh perempuan Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha yang dikenal berhasil dalam karier maupun kehidupan berkeluarga. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara mendalam semi-terstruktur yang didukung oleh pemeriksaan dokumendan observasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Interpretative Phenomenological Analysistemuan-temuan yang muncul pada penelitian ini adalah hasil pengelolaan peran ganda tokoh pada penelitian ini selain adanya keberhasilan yang memberi manfaat bagi berbagai pihak, juga muncul adanya ketidakberhasilan maupun kebelumberhasilan bagi pribadi, keluarga, dan perusahaan. Beberapa rekomendasi dari hasil penelitian iniantara lain perlunya upaya mengambil kesempatan untuk menempuh pendidikan baik formal maupun non formal serta menjalani berbagai pengalaman kegiatan bagi para perempuan yang berperan ganda untuk membentuk kompetensi dan modal sosial. Juga diperlukan peranpemerintah dan instansi terkait maupun perusahaan untuk tetap memberi peluang luas bagi perempuan meningkatkan berbagai kompetensi, dan memberikanlingkungan kondusif bagi kewirausahaan perempuan

Kata kunci: Kata kunci: Manajemen, Peran Ganda Perempuan, Kompetensi, Wirausaha, Kepemimpinan,Motivasi

S2 Manajemen
49