PENGUKURAN KINERJA KEDAI KOPI TIGATIGA CAFFEINE MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD
Pengukuran kinerja suatu usaha tentu diperlukan dalam menentukan berapa lama usaha tersebut beroperasi dalam jangka panjang, pengukuran kinerja tersebut peneliti memilih menggunakan metode Balanced Scorecard, yaitu: pengukuran dari empat perspektif antara lain: perspektif keuangan, perspektif pelanggangan, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Usaha yang diambil peneliti adalah usaha kedai kopi, karena antusiasme masyarakat menjadi salah satu aktivitas wajib jika meluangkan waktu luang ke kedai kopi, pegukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard bisa menjadi alternatif bagi yang mempunyai usaha, walaupun masih jarang di terapkan di perusahaan dan usaha pada umumnya, namun dapat berupa sebagai alat untuk mengkomunikasikan strategi di antara pihak manajemen, karyawan, para pemegang saham, pelanggan, dan komunitas lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukan hasil kinerja kedai kopi Tigatiga dari (1) Kinerja Perspektif Pelanggan sangat puas dengan segala fasilitas, menu, rasa yang disediakan oleh kedai kopi Tigatiga, (2) Kinerja Perspektif Bisnis Internal dari karyawan sendiri pada tahun 2020 mengalami pengurangan, namun inovasi produk dan pencarian produk di pangsa pasar masih diteruskan hingga di tahun 2021 banyak keluaran produk terbaru, (3) Kinerja Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran pada tahun 2020 nilai retensi karyawan 50% dan pada tahun 2021 nilainya menurun 0%, maka dinilai baik, produktivitas karyawan pada tahun 2020 nilai produktivitas karyawan 29.775.847 dipersentasikan menjadi 29,7% dan pada tahun 2021 114.096.327 dipersentasikan menjadi 11,4% , maka dinilai baik, (4) Kinerja Perspektif Keuangan, dihitung menggunakan indicator NPM dinilai cukup sehat, ROA dinilai sehat, Tingkat Efisien dinilai sehat, Tingkat Efektifitas dinilai cukup sehat
Kata kunci: Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard
- COVER_RAIHANAH_2421801621.pdf
- BAB I_RAIHANAH_2421801621.pdf
- BAB II_RAIHANAH_2421801621.pdf
- BAB III_RAIHANAH_2421801621.pdf
- BAB IV_RAIHANAH_2421801621.pdf
- BAB V_RAIHANAH_2421801621.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_RAIHANAH_2421801621.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.