STRATEGI PEMASARAN BUKU PELAJARAN SEKOLAH DI CV.SENTRA MEDIA

Ilham Fauzi
2411907490
2023
STRATEGI PEMASARAN BUKU PELAJARAN SEKOLAH DI CV.SENTRA MEDIA
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Seiring dengan berkembangnya dunia pendidikan yang ada di Indonesia khususnya Kabupaten dan Kota Bogor maka kebutuhan buku pelajaran sekolah pun ikut berkembang dengan sangat pesat. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh CV.Sentra Media selaku salah satu distributor penyedia buku pelajaran sekolah adalah persaingan dengan dengan kompetitor yang sejenis yakni distributor buku pelajaran sekolah serta jenis strategi yang dipakai untuk pemasaran. Tujuan diaadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan usaha CV.Sentra Media. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sample 8 orang. Pengolahan data menggunakan analisis data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Berdasarkan dari hasil identifikasi didapatkan 12 faktor internal dan 8 faktor eksternal yang dapat digunakan dalam menilai kondisi CV.Sentra Media saat ini. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks internal factor evaluation (IFE) yaitu 3,0 dan total skor bobot matriks external factor evaluation (EFE) yaitu 3,3. Kemudian total skor dari bobot matriks IFE dan EFE dimasukan kedalam matriks internal eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi perusahaan CV.Sentra Media berada pada sel I. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Lalu alternatif strategi yang telah diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh pemilik usaha CV.Sentra Media. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi “Meningkatkan kualitas, ketersediaan produk dan jumlah sales team yang banyak untuk meningkatkan perkembangan industri buku pelajaran sekolah karena perubahan kurikulum merdeka”.

Kata kunci: Kata kunci: Buku pelajaran sekolah, CV.Sentra Media, internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM).

S1 Manajemen
153