PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH KPR PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) KCPS KALIMAS
Bank syariah merupakan suatu lembaga keuangan yang mana berlandaskan sistem ekonomi Islam, dan dalam melakukan transaksi perbankan tersebut, mengacu pada prinsip Profit Loss Sharing (Pembagian keuntungan dan kerugian). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah KPR pada Bank BTN KCPS Kalimas. Dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pemasaran KPR Pada BTN KCPS Kalimas. Bank BTN KCPS Ruko Kalimas Bekasi Timur menawarkan berbagai macam produk, salah satunya produk KPR BTN iB. Bank milik pemerintah ini mempunyai layanan kredit KPR BTN iB, yang memiliki fasilitas kredit dalam rangka nasabah membeli rumah dengan cara diangsur atau dengan cara dicicil dalam jangka waktu tertentu. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan hasil penelitian yang didapat diolah menggunakan statistical product and service solutions (SPSS). Dari hasil penelitian Uji regresi linier sederhana dijelaskan bahwa konstanta sebesar -261608,113 menunjukan bahwa biaya promosi nilainya sebesar 0.003. Pada Uji F secara simultan dapat dikatakan bahwa biaya promosi tidak berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah dengan nilai Fhitung = 0,369 < dari Ftabel = 3.897 ini berarti bahwa variabel independen yang terdiri biaya promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah di Bank BTN kcps kalimas. Adjusted R Square adalah 0,267 atau 26%. Ini berarti bahwa variabel independen berupa biaya promosi hanya berpengaruh 26% terhadap peningkatan jumlah nasbah KPR pada bank BTN kcps kalimas. Sedangkan sisanya sebesar 39% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk ke dalam penelitian ini. Dan pada Uji parsial thitung (0,607) < ttabel (1,653) serta nilai signifikansinya diatas 0,05. Faktor penyebab thitung (0,607) < ttabel (1,653) tidak signifikan dikarenakan dari hasil hitung menggunakan statistical product and service solution (SPSS) hasil thitung hanya sebesar 0,607. Hal tersebut terjadi karena data yang diolah mengalami ketidak stabilan pada setiap periodenya dan faktor lain disebabkan karena Covid-19 yang menyebabkan pembatasan mobilitas dan tidak adanya sistem rolling untuk staff bank tersebut sehingga target yang ditentukan tidak tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah KPR pada Bank Tabungan Negara (Persero) KCPS Kalimas, serta untuk mengetahui dan analisis faktor pendukung dan penghambat dalam pemasaran KPR Pada Bank BTN KCPS Kalimas.
Kata kunci: Biaya Promosi, Peningkatan Jumlah Nasabah
- COVER_Ochty Yulia_2411907334.pdf
- BAB I_Ochty Yulia_2411907334.pdf
- BAB II_Ochty Yulia_2411907334.pdf
- BAB III_Ochty Yulia_2411907334.pdf
- BAB IV_Ochty Yulia_2411907334.pdf
- BAB V_Ochty Yulia_2411907334.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_Ochty Yulia_2411907334.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.