PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN FIVEDEC SHOES BOGOR

Pebri Maulana
2411907574
2023
PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN FIVEDEC SHOES BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

PEBRI MAULANA. NIM 2411907574 Pengaruh Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di FIVEDEC Shoes Bogor. Fashion atau busana adalah segala sesuatu yang dikenakan pada tubuh, baik dengan maksud melindungi tubuh maupun memperindah penampilan tubuh. Maka fashion merupakan produk yang dibutuhkan semua orang dan sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Akhirnya, prospek fashion dalam negri memiliki potensi dan peluang yang besar disebabkan semakin bertumbuhnya bisnis fashion. FIVEDEC Shoes Bogor adalah salah satu dari sekian banyak pembisnis fashion. Sejalan dengan prospek pasar fashion yang potensial, bisnis di bidang ini menjadi sangat kompetitif. Oleh sebab itu untuk bisa bersaing pemilik bisnis harus memperhatikan harga, promosi dan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk alasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Harga, promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di FIVEDEC Shoes Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di FIVEDEC Shoes Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 75,40% variabel independen berupa harga, promosi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 24,60% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari harga, promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di FIVEDEC Shoes Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (102,365) > Ftabel =(2,70). Hasil Uji t menunjukan variabel harga (2,714), promosi (4,279), kualitas pelayanan (3,944) dimana Ttabel (1,984) maka secara parsial semua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Bisa dijelaskan bahwa variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan di FIVEDEC Shoes Bogor adalah promosi.

Kata kunci: harga, promosi, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.

S1 Manajemen
30