PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN LOGAM MULIA PADA PT PEGADAIAN CABANG KARAWANG

Siti Nuraeni
2411907295
2023
PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN LOGAM MULIA PADA PT PEGADAIAN CABANG KARAWANG
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

SITI NURAENI. NIM 241.11.907295. Pengaruh Harga, Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Logam Mulia Pada PT Pegadaian Cabang Karawang. Persaingan dibidang usaha saat ini dibilang sangat ketat dilihat dari semakin banyaknya perusahaan yang menghasilkan produk yang sama. Adapun permasalahan yang dihadapi PT Pegadaian Cabang Karawang yaitu seperti tidak mempunyai sasaran pasar yang spesifik, program diskon harga setiap tahun dalam jumlah besar namun sebenarnya tidak sesuai dengan kenyataan, harga yang diterapkan perusahaan cenderung lebih mahal, dan kurangnya promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Pembelian Logam Mulia Pada PT Pegadaian Cabang Karawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 59 responden, dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 74,4% faktor-fakto keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh produk, harga dan promosi sedagkan sisanya 25,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menujukan bahwa secara simultan variabel produk, harga dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan analisis yaitu nilai Fhitung (57,200) > Ftabel (3,16). Hasil uji t menunjukan bahwa variabel produk menunjukan hasil analisis thitung (0,516), variabel harga menujukan hasil thitung (1,800) dimana ttabel (2,004) maka secara parsial produk dan harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian logam mulia pada PT Pegadaian Cabang Karawang. Adapun variabel promosi menunjukan hasil thitung (5,635) dimana ttabel (2,004) maka secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian logam mulia pada PT Pegadaian Cabang Karawang.

Kata kunci: Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
40