PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK SDN PAPANDAYAN KOTA BOGOR
Silvi Sulistyaningsih. NIM 61201121008899. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik SDN Papandayan Kota Bogor. Dunia pendidikan merupakan sebuah lingkungan yang terdiri dari lembaga-lembaga pendidikan, seperti sekolah, perguruan tinggi, dan pusat pelatihan yang berfokus pada pembelajaran dan pengembangan sumber daya manusia. Dunia pendidikan juga mencakup berbagai macam peran dengan berbagai posisi seperti guru, administrator, staf akademik, non-akademik, dan konselor. Setiap posisi dan peran tersebut memiliki tanggung jawab yang berbeda serta penting dalam mendukung perkembangan pendidikan siswa. Selain itu, dunia pendidikan juga selalu berubah serta berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan sosial ekonomi. Hal ini menuntut para professional pendidikan untuk terus mengembangkan diri mereka sendiri agar tetap relavan dan efektif dalam membantu siswa mencapai potensi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi Kerja (X1), Disiplin Kerja (X2), dan Lingkungan Kerja (X3) Terhadap Kinerja (Y) Tenaga Pendidik SDN Papandayan Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Metode penelitian survey yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Untuk metode pengumpulan data dengan memberikan kuesioner kepada seluruh tenaga pendidik, dan untuk teknik pengambilan sampling dengan menggunakan judgment sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 37 responden. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 72% faktor-faktor kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh motivasi kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja sedangkan sisanya 28% di jelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji f menunjukan bahwa secara simultan variabel motivasi kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (31,875) > Ftabel (2,88). Hasil uji t menunjukan bahwa hasil analisis variabel disiplin kerja kerja thitung (3,996) dan variabel lingkungan kerja thitung (5,296) di mana ttabel (1,690) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik SDN Papandayan Kota Bogor. Adapun variabel motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik SDN Papandayan Kota Bogor dengan nilai analisis variabel motivasi kerja yaitu thitung (-1,519). Variabel yang dominan mempengaruhi kinerja tenaga pendidik SDN Papandayan Kota Bogor adalah variabel disiplin kerja dan lingkungan kerja.
Kata kunci: motivasi kerja, disiplin kerja, lingkungan kerja, tenaga pendidik
- COVER_SILVI SULISTYANINGSIH_61201121008899.pdf
- BAB 1_SILVI SULISTYANINGSIH_61201121008899.pdf
- BAB II_SILVI SULISTYANINGSIH_61201121008899.pdf
- BAB III_SILVI SULISTYANINGSIH_61201121008899.pdf
- BAB IV_SILVI SULISTYANINGSIH_61201121008899.pdf
- BAB V_SILVI SULISTYANINGSIH_61201121008899.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_SILVI SULISTYANINGSIH_61201121008899.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.