Pengaruh Harga, Promosi, Fasilitas, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Berkunjung Ke Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja (AEWO MULYAHARJA)
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi pengembangan industri pariwisata yang sangat besar, karena saat ini pariwisata khususnya di Indonesia berkembang pesat. Pengembangan pariwisata akan berdampak pada pendapatan negara, mampu memperluas peluang usaha, dan menciptakan lapangan kerja yang baru dalam menangani masalah pengangguran di masing-masing daerah. Salah ssatu objek wisata baru yaitu Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja. Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja terletak di Kampung Ciharashas RT. 006/001 Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan berjarak hanya 10 Km dari alun alun Kota Bogor, di Ciharashas memiliki sumber daya alam yang sudah ada sejak tahun 1990 yaitu hamparan sawah seluas 30,4 ha yang digunakan untuk area bertani dan menjadi sumber mata pencaharian utama masyarakat sekitar, karena letak geografisnya yang sangat strategis dari area Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi, fasilitas, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan berkunjung ke Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara lemeshow dengan jumlah 100 responden Adapun model analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil koefisien determinasi (ajusted R square) menunjukkan bahwa 81,3% faktor-faktor kepuasaan berkunjung dapat dijelaskan oleh, harga, promosi, fasilitas, lokasi dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 18,7 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan secara simultan variabel harga, promosi, fasilitas, lokasi dan kualitas pelayanan secara serempak/simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan berkunjung ke Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja dengan nilai Fhitung (87,625) > Ftabel (2,20). Adapun hasil uji t menunjukkan variabel promosi dengan nilai thitung (2,826) dimana ttabel (1,985), variabel fasilitas dengan nilai thitung (2,119) dimana ttabel (1,985), variabel lokasi dengan nilai thitung (5,272) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel promosi, fasilitas dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan berkunjung ke Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja. Adapun variabel harga dengan nilai thitung (-2,273) dimana ttabel (1,985), dan variabel kualitas pelayanan dengan nilai thitung (0,932) dimana ttabel (1,985), sehingga variabel harga dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan berkunjung ke Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja.
Kata kunci: Harga, Promosi, Fasilitas, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Berkunjung
- Cover_Fahmi Aprizal Hasan_2411907466.pdf
- BAB I_Fahmi Aprizal Hasan_2411907466.pdf
- BAB II_Fahmi Aprizal Hasan_2411907466.pdf
- BAB III_Fahmi Aprizal Hasan_2411907466.pdf
- BAB IV_Fahmi Aprizal Hasan_2411907466.pdf
- BAB V_Fahmi Aprizal Hasan_2411907466.pdf
- Daftar Pustaka_Fahmi Aprizal Hasan_2411907466.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.