Strategi pemasaran pada toko grosir dapoer geulis dalam meningkatkan jumlah penjualan barang

Puteri Yazinka
2411907576
2023
Strategi pemasaran pada toko grosir dapoer geulis dalam meningkatkan jumlah penjualan barang
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

ABSTRAK PUTERI YAZINKA. NIM 2411907576. Strategi Pemasaran Pada Toko Grosir Dapoer Geulis Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi Business Model Canvas yang diterapkan Toko Grosir Dapoer Geulis (2) Analisis SWOT oleh Toko Grosir Dapoer Geulis (3) strategi yang tepat yang dipilih oleh Toko Grosir Dapoer Geulis dalam meningkatkan jumlah penjualannya Penelitian ini termasuk dalam penelitian penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah 5 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis SWOT, diantaranya yaitu Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks Internal dan Matriks Eksternal. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa Toko Grosir Dapoer Geulis dipetakan ke dalam model bisnis pada Toko Grosir Dapoer Geulis dipetakan dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang terdiri dari sembilan aspek yaitu Customer Segment, Customer Relationship, Customer Channel, Revenue Structure, Value Proposition, Key Activities, Key Resource, Cost Structure, dan Key Partners. Setalah dilakukan analisis SWOT dengan mempergunakan elemen-elemen Business Model Canvas (BMC) menunjukan bahwa hasil uji Matriks IFAS sebesar 3,21 yang artinya secara internal Toko Grosir Dapoer Geulis berada pada posisi kuat dan nilai uji Matriks EFAS sebesar 2,83 yang artinya secara eksternal Toko Grosir Dapoer Geulis berada pada posisi kuat. Hasil Matriks Internal dan Eksternal menerangkan bahwa Toko Grosir Dapoer Geulis berada pada daerah IV, posisi sel IV, yang dapat diartikan bahwa perusahaan dapat menggunakan strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar untuk peningkatan jumlah penjualan barang. .  

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Business Model Canvas,Analisis SWOT.  

S1 Manajemen
77