PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIKI RUMAH MELALUI PEMBIAYAAN KPR BTN SYARIAH KCS BEKASI

Siti Suparyanti
61101020200029
2023
PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIKI RUMAH MELALUI PEMBIAYAAN KPR BTN SYARIAH KCS BEKASI
Depok-GICI Business School-2023
Tesis

Pesatnya pertumbuhan penduduk diperkotaan akibat pertumbuhan secara alami dan urbanisasi menyebabkan peningkatan kebutuhan hunian, kebutuhan akan perumahan baru pun semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pembelian rumah dijadikan sarana investasi meskipun bukan merupakan investasi liquid karena butuh waktu untuk menjualnya Kembali. Tetapi harga rumah semakin lama akan mengalami kenaikan yang sembuat Sebagian masyarakat tidak mampu membelinya secara tunai. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah dalam membeli rumah melalui pembiayaan syariah pada Bank BTN Syariah. Populasi penelitian adalah nasabah yang telah membeli rumah dengan menggunakan pembiayaan syariah dari Bank BTN Syariah KCS Bekasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 150 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, bauran pemasaran dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian rumah dimana hasil yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05 dan berdasarkan hasil output perbandingan nilai f hitung yaitu 241,627. F table = 2,610.. Selain itu, hasil uji hipotesis secara parsial juga menunjukkan bahwa bauran pemasaran dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian rumah dimana nilai bauran pemasaran didapat nilai beta = 0,381 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, sedangkan nilai kualitas layanan diperoleh nilai 0,273 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor bauran pemasaran dan kualitas layanan memainkan peran penting dalam membentuk keputusan nasabah dalam membeli rumah melalui pembiayaan syariah di Bank BTN Syariah KCS Bekasi. Oleh karena itu, bank perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan strategi pemasaran guna menarik minat nasabah untuk memilih pembiayaan syariah sebagai solusi dalam pembelian rumah mereka.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian, Pembiayaan

S2 Manajemen
22