PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE REALME DI ERAFONE BOTANI SQUARE BOGOR

Armal Guntur Pamungkas
2411806934
2022
PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE REALME DI ERAFONE BOTANI SQUARE BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

ARMAL GUNTUR PAMUNGKAS. NIM 2411806934. Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Realme di Erafone Botani Bogor. Di era digital saat ini perkembangan teknologi dan informasi semakin cepat di berbagai negara termasuk Indonesia. Perkembangan teknologi yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah alat komunikasi yang tidak lain adalah handphone atau telepon genggam. Handphone merupakan perangkat elektronik tanpa kabel yang cara kerjanya sama seperti telepon konvensional. Salah satu merek handphone yang terkenal di pasar Indonesia salah satunya adalah merek realme, tetapi dengan banyaknya beragam merek handphone di Indonesia menyebabkan terjadinya persaingan, yang menyebkan terjadinya fluktuasi pada penjualan realme. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Realme di Erafone Botani Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Realme di Erafone Botani Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 72,30% faktor-faktor Keputusan Pembelian Smartphone Realme di Erafone Botani Bogor dijelaskan oleh berupa ekuitas merek, kualitas produk, dan promosi sedangkan sisanya 27,70% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari berupa ekuitas merek, kualitas produk, dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Realme di Erafone Botani Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (87.137) > Ftabel = (2,70). Hasil Uji t menunjukkan variabel kualitas produk (7,625) dan promosi (2,480) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel ekuitas merek menunjukkan hasil thitung (-0,995) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Realme di Erafone Botani Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian Smartphone Realme di Erafone Botani Bogor adalah variabel kualitas produk.

Kata kunci: ekuitas merek, kualitas produk, promosi, keputusan pembelian.

S1 Manajemen
123