PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN AFTER SALES SERVICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT. MAXIPRO GROUP INDONESIA CABANG JAKARTA

Yayat Hidayat
2411907807
2023
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN AFTER SALES SERVICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT. MAXIPRO GROUP INDONESIA CABANG JAKARTA
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Persaingan di dunia perdagangan saat ini sangat ketat, apalagi dengan adanya globalisasi. Perusahaan harus dapat memberikan keunggulan bersaing yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan pesaingnya. Salah satu cara untuk memberikan keunggulan bersaing adalah dengan memberikan layanan purna jual yang baik. Layanan purna jual adalah pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggannya setelah mereka membeli produk dari perusahaan tersebut. Layanan purna jual dapat berupa konsultasi lanjutan, garansi, pemeliharaan, dan penyediaan suku cadang. Layanan purna jual yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan, serta dapat membantu perusahaan untuk memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh harga, kualiktas produk dan after sales service Terhadap Keputusan pembelian di PT. Maxipro Group Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian sampling dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara accident sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 133 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 78,60% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga, kualitas produk dan after sales service sedangkan sisanya 21,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga, kualitas produk dan after sales service secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (99,005) > Ftabel (2,670). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (2,471) dan variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (6,046) dimana ttabel (1,656) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli di PT. Maxipro Group Indonesia. Adapun variabel after sales service tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT. Maxipro Group Indonesia dengan nilai hasil analisis thitung (1,060). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di PT. Maxipro Group Indonesia adalah kualitas produk.

Kata kunci: Harga, kualitas produk, after sales service, keputusan pembelian.

S1 Manajemen
19