STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DE’JATI COFFEE GARDEN
Perkembangan bisnis di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat terutama di bidang industri minuman kopi, yang diikuti dengan perkembangan gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini yang merupakan masyarakat modern dengan dukungan kemajuan teknologi yang semakin berkembang serta informasi yang mudah diakses. Pada saat ini banyak pebisnis yang melebarkan sayapnya di industri makanan dan minuman. Melakukan penjualan secara offline dan juga online. Sehingga kondisi persaingan bisnis coffee shop semakin ketat sehingga berdampak kepada perkembangan De’jati Coffee Garden yang perlu strategi untuk membuat perusahaan tetap bertahan dan berkembang. Tujuan penelitian ini untuk menggali dan mengetahui bisnis De’jati Coffee Garden berdasarkan Business Model Canvas, menganalisis alternatif strategi menggunakan analisis SWOT, merekomendasikan strategi bisnis De’jati Coffee Garden dimasa mendatang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang didapat dari observasi, wawancara, kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah Business Model Canvas, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan QSPM. Hasil penelitian diperoleh skor terbobot matriks IFE dan matriks EFE. Berdasarkan hasil matriks IFE dengan skor 2,571 dan matriks EFE sebesar 3,054 diketahui bahwa posisi De’jati Coffee Garden pada matriks IE berada pada kuadran II yaitu tumbuh dan membangun (grow and build). Yang menunjukan bahwa prioritas strategi yang dapat dilakukan salah satunya strategi WO yaitu, Meningkatkan efektivitas promosi melalui sosial media untuk meningkatkan penjualan. Pada Bisnis Model Canvas baru hasil penelitian ini pada segmen pelanggan sudah terarah dengan mencakup semua kalangan, wisatawan kota bogor menciptakan berbagai inovasi produk secara berkala, saluran yang digunakan mulai merambah ke media sosial lain seperti tiktok, youtube serta website, mitra kerja mulai lebih melibatkan konten kreator, dalam sumber daya utama terjadi penambahan dan dari elemen model bisnis yang di analisa, menuntut adanya penambahan biaya yang harus dikeluarkan namun bisa dipenuhi dengan meningkatkan pada pemasaran di media sosial agar meminimalisir biaya yang dikeluarkan.
Kata kunci: Strategi, Business Model Canvas, matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, matriks QSP
- Cover_FEBY AMELIA_2411907471.pdf
- BAB I_FEBY AMELIA_2411907471.pdf
- BAB II_FEBY AMELIA_2411907471.pdf
- BAB III_FEBY AMELIA_2411907471.pdf
- BAB IV_FEBY AMELIA_2411907471.pdf
- BAB V_FEBY AMELIA_2411907471.pdf
- Daftar Pustaka_FEBY AMELIA_2411907471.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.