ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA TRAVEL PELANGI KEMBAR DI TANGERANG
Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin bertumbuh pesat membuat seseorang dituntut untuk memenuhi kebutuhannya dengan terus bekerja keras. Setiap usaha dituntut untuk menjadi lebih unggul dari pesaingnya dan harus menciptakan strategi agar tetap bertahan pada perubahan zaman yang kian tumbuh pesat. Salah satu cara yang tepat bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya dengan melakukan sebuah pemasaran. Oleh karena itu pemasaran sangat penting bagi sebuah usaha karena berguna untuk menciptakan sebuah nilai produk berupa barang atau jasa yang ditawarkan dan pemasaran juga memiliki fungsi untuk membangun hubungan antara konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada Travel Pelangi Kembar dalam merintis awal usahanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Analisis data dan teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah 5 (lima) orang karyawan. Model analisis data yang digunakan adalah analisis matriks IFAS, matriks EFAS, matriks IE, matriks SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrik). Berdasarkan analisis matriks IFAS diperoleh skor sebesar 3,026 sedangkan, analisis matriks EFAS diperoleh sebesar 3,018. Hasil matriks Internal Eksternal (IE) berada pada kuadran I yaitu strategi pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal. Matriks SWOT menghasilkan sembilan alternatif strategi yang yang bisa digunakan oleh Travel Pelangi Kembar. Berdasarkan hasil Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM) alternatif strategi yang paling diprioritaskan adalah Meningkatkan kegiatan pemasaran seperti promosi melalui media informasi (Web, Intagram, Facebook, Whatsapp). Strategi tersebut mendapatkan skor TAS sebesar 6,801.
Kata kunci: Pemasaran, Matrik IFAS, Matrik EFAS, Matrik IE, Matriks SWOT, QSPM
- Cover_Annisa Puspitasari_2411807235.pdf
- BAB I_Annisa Puspitasari_2411807235.pdf
- BAB II_Annisa Puspitasari_2411807235.pdf
- BAB III_Annisa Puspitasari_2411807235.pdf
- BAB IV_Annisa Puspitasari_2411807235.pdf
- BAB V_Annisa Puspitasari_2411807235.pdf
- Daftar Pustaka_Annisa Puspitasari_2411807235.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.