PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE PANCONG DI KEDAI ARAB CILODONG

Muhammad Fikri Setiawan
2411907894
2023
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE PANCONG DI KEDAI ARAB CILODONG
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Pada era zaman sekarang bisnis kuliner semakin berkembang dengan aneka ragam, bisnis kuliner melakukan transformasi atau perkembangan yang sangat baik, beraneka ragam makanan unik, kehadiran wisata kuliner, dan tren kuliner yang menjadi gaya hidup masyarakat menjadi tanda bahwa bisnis kuliner berkembang pesat. Kenaikan pelaku bisnis kuliner merupakan fenomena yang terjadi akibat adanya dukungan kemudahan untuk membuka bisnis kuliner, bisnis kuliner tidak dapat lepas dari teknologi dan komunikasi telah membuat adanya perubahan baik di bidang sosial, ekonomi dan budaya yang berlangsung, dengan berkembangnya teknologi yang semakin cepat dan modern ini dirasakan pada kemajuan inovasi model bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara simultan produk, harga, promosi dan tempat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui secara parsial apakah produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang datanya dikumpulkan dari sampel di atas populasi untuk mewakili seluruh populasi. Penelitian dengan melibatkan sebanyak 97 responden untuk memberikan informasi mengenai pengaruh variabel X1 yaitu produk, X2 yaitu harga, X3 yaitu tempat, X4 yaitu promosi terhadap pengaruh pada variabel Y yaitu keputusan pembelian. Hasil regresi menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square adalah 0,757 atau 75,70%. Ini berarti bahwa variabel independen produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel dependen keputusan pembelian Kedai Arab Cilodong sebesar 75,70% sedangkan sisanya sebesar 24,30% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Hasil uji t menunjukkan secara parsial variabel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kedai Arab Cilodong karena thitung (4,930) > ttabel (1,985), secara parsial variabel harga tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Kedai Arab Cilodong karena thitung (-0,023) < ttabel (1,985), secara parsial variabel tempat tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kedai Arab Cilodong karena thitung (0,881) < ttabel (1,985), secara parsial variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kedai Arab Cilodong karena thitung (5,140) > ttabel (1,985).

Kata kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
62