STRATEGI PEMASARAN DALAM MERAIH KEUNGGULAN BERSAING MELALUI METODE ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA TOKO KACAMATA OPTIKAL BEKASI)

Fiorentina Aurielle
2411907711
2023
STRATEGI PEMASARAN DALAM MERAIH KEUNGGULAN BERSAING MELALUI METODE ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA TOKO KACAMATA OPTIKAL BEKASI)
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Mata merupakan anggota tubuh yang begitu penting bagi kehidupan manusia yang dapat digunakan untuk mengamati, mengenali serta mengumpulkan informasi dari tiap-tiap objek yang manusia dapat tangkap secara visual. Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) menyatakan terdapat 8 juta orang mengalami gangguan mata di Indonesia. Sebesar 1,6 juta orang mengalami kebutaan sedangkan 6,4 juta lainnya mengalami gangguan penglihatan sedang dan berat. Data ini menunjukkan jika usaha Optikal kacamata di Indonesia memiliki pasar yang besar. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang cocok diterapkan oleh usaha Toko Kacamata Optikal Bekasi dalam menghadapi persaingan bisnis berdasarkan analisis SWOT. Jenis penilitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan menggunakan analisis SWOT dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sample yang digunakan berjumlah 5 responden. Berdasarkan Matriks IFE dan EFE, Toko Kacamatra Optikal Bekasi memiliki skor matriks IFE sebesar 3.12 dan skor 2.70 untuk matriks EFE angka tersebut menunjukkan hasil pada matriks IE jika toko kacamata optikal bekasi memiliki 2 alternatif strategi yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Melalui hasil matriks QSPM dapat dilihat jika alternatif strategi QSP yang cocok digunakan oleh toko kacama optikal bekasi adalah Strategi Penetrasi Pasar.

Kata kunci: Analisis SWOT, Matriks SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks I-E, Matriks QSPM

S1 Manajemen
194