Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi (Studi Kasus Konsumen Swalayan Ada Bogor)

Siti Latifah
2432000264
2023
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi (Studi Kasus Konsumen Swalayan Ada Bogor)
Depok-GICI Business School-2023
Laporan Tugas Akhir (D III)

Persaingan bisnis semakin terlihat kompleks terutama di era globalisasi. Sejak pandemi terjadi, berbagai perusahaan mencoba untuk mempertahankan bisnis yang telah dibangun. Beberapa bahkan sudah gulung tikar karena semakin menurunnya penjualan. Namun, industri skincare atau perawatan wajah dan tubuh mulai tumbuh beriringan dengan pandemi covid-19 setelah diketahui bahwa masyarakat lebih memilih untuk merawat kulit dibandingkan harus merias. Hal ini terjadi karena pada masa pandemi, semua orang diwajibkan menggunakan masker sehingga kebanyakan tidak suka berhias dan lebih memilih merawat wajahnya. Fenomena ini membuat banyak pelaku bisnis mulai mencari peruntungan dibidang tersebut sehingga Skincare hadir begitu besar ditengah-tengah masyarakat hingga saat ini. Berbagai produk dengan nama-nama asing bahkan kandungan kandungan yang sebelumnya jarang ada dalam skincare mulai bermunculan hingga akhirnya edukasi masyarakat mengenai komposisi skincare mulai terlihat lebih terarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk skincare Safi di Swalayan Ada Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk penelitian survey berupa pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Swalayan Ada Bogor, sedangkan sampelnya sebanyak 100 responden dengan pemilihan sampel menggunakan teknik Probability Sampling, maka penulis akan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 58,3% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variable bebas seperti kualitas produk. Sedangkan selebihnya 41,7% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi linear sederhana diperoleh Y = 4.431 + 0.835X. Artinya, semakin sesuai kualitas produk maka semakin tinggi pula keputusan pembelian skincare Safi di Swalayan Ada Bogor. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel kualitas product menunjukkan hasil analisis thitung (11.808) > ttabel (1.660), maka secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh signifikan ter hadap keputusan pembelian skincare Safi di Swalayan Ada Bogor.

Kata kunci: Kualitas produk, keputusan pembelian

D3 Manajemen Pemasaran
215