PENGARUH KUALITAS LAYANAN, LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR DI SMK BUDI DARMA BOGOR

Reva Sovi Safitri
2411907594
2023
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR DI SMK BUDI DARMA BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Pada pendidikan kejuruan memberikan pengembangan bakat, pendidikan dasar keterampilan dan kebiasaan-kebiasaan yang mengarah pada dunia kerja yang dipandang sebagai latihan keterampilan. Siswa akan disiapkan untuk memasuki persaingan di dunia kerja. Sekolah Menengah Kejuran (SMK) merupakan sarana bagi masyarakat untuk menuntut ilmu serta melatih kemampuan agar dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. SMK lebih berorientasi pada dunia kerja salah satunya memberikan bekal siap kerja pada siswa sebagai tenaga kerja yang terampil sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh dunia kerja. Namun terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi kepuasan siswa dalam belajar diantaranya yaitu dari segi kualitas layanan, lokasi dan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, lokasi, dan harga terhadap kepuasan belajar di Smk Budi Darma. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode yang digunakan berupa pengumpulan data menggunakan kusioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. adapun sampel tersebut berjumlah 105 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 63,8% faktor-faktor kepuasan belajar dapat dijelaskan oleh kualitas layanan, lokasi dan harga sedangkan sisanya 36,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas layanan, lokasi, dan harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (63,032) > Ftabel (3,98). Hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas layanan menunjukan hasil analisis thitung (9,668) lokasi menunjukan hasil analisis thitung (5,125) dan harga menunjukan hasil analisis thitung (8,204) dimana ttabel (1,980) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar di SMK BUDI DARMA. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan belajar di SMK BUDI DARMA adalah harga.

Kata kunci: Kata kunci : kualitas layanan, lokasi, harga, kepuasan belajar

S1 Manajemen
146