Formulasi strategi pengembangan bisnis menggunakan pendekatan business model canvas dan SWOT analysis dalam upaya meningkatkan daya saing pada toko aneka jaya gypsum cikarang

Dessy Erfika
2412008022
2024
Formulasi strategi pengembangan bisnis menggunakan pendekatan business model canvas dan SWOT analysis dalam upaya meningkatkan daya saing pada toko aneka jaya gypsum cikarang
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Perkembangan dunia bisnis saat ini tumbuh dengan sangat pesat, hal ini menyebabkan semakin ketatnya persaingan bisnis khususnya di bidang bahan bangunan. Oleh karena itu perusahaan perlu merumuskan strategi yang tepat guna bisa meningkatkan daya saing perusahaan. Dalam merumuskan strategi, perusahaan harus memiliki gambaran dasar pemikiran tentang bagaimana perusahaan beroperasi, melalui Business Model Canvas Perusahaan dapat melihat gambaran secara lengkap tentang bisnis dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis yang sesuai agar bisa meningkatkan daya saing pada toko aneka jaya gypsum. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan kuosioner. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan Business Model Canvas dan analisis SWOT. Hasil analisis menggunakan BMC menunjukan bahwa perusahaan mempunyai keseluruhan elemen blok BMC. Dari perhitungan hasil evaluasi faktor internal kekuatan (S) dan kelemahan (W) maka diperoleh nilai dari kekuatan (S) + kelemahan (W) = 3,146 sedangkan perhitungan hasil evaluasi faktor eksternal peluang (O) dan ancaman (T) maka diperoleh, peluang (O) + ancaman (T) = 3,222. Ini menunjukan perusahaan berada pada kuadran I dalam diagram analisis SWOT dengan rekomendasi strategi agresif. Untuk menghadapi persaingan, perusahaan dapat menerapkan strategi pengembangan pasar dengan memperluas segmen pelanggan. Strategi ekspansi bisnis dengan menambah modal bisnis dan pertambahan cabang baru. Strategi penetrasi pasar dengan menambah kepuasan pelanggan dan perusahaan mampu memperbanyak barang. Strategi pengembangan produk dan jasa. Adanya pengembangan produk baru yang relevan dengan kebutuhan konsumen serta penawaran jasa pemasangan plafon. Strategi integrasi, perusahaan dapat menambah sumber daya manusia, mengembangkan kinerja pegawai untuk meningkatkan pemasaran.

Kata kunci: Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT,Strategi,Persaingan.

S1 Manajemen
24