ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KATERING CV. IYOS BERKAH MANDIRI KOTA BEKASI
Kemajuan teknologi saat ini sudah sangat pesat dengan memberikan banyak manfaat. Dalam menghadapi era globalisasi, pelaku usaha tidak bisa menjalankan bisnisnya hanya dengan menggunakan cara tradisional. Dalam menjalankan suatu usaha wirausahawan harus mampu mengatasi tantangan dan persaingan yang semakin ketat. Perusahaan perlu mengembangkan strategi yang tepat untuk menanggapi perubahan lingkungan bisnis yang terus berubah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha yang sesuai untuk diterapkan pada Katering CV. Iyos Berkah Mandiri. Jenis Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber, dan melakukan observasi lapangan. Data sekunder yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dokumen yang berkaitan dengan usaha Katering CV. Iyos Berkah Mandiri. Data yang diperoleh di analisis menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis strategi pengembangan usaha Katering CV. Iyos Berkah Mandiri berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil perhitungan Matriks IFAS Kekuatan (S) + Kelemahan (W) = 3,48. Sedangkan perhitungan Matriks EFAS peluang (O) + Ancaman (T) = 3,30. Hal ini menunjukkan perusahaan berada pada posisi kuadran I dalam diagram analisis SWOT artinya dapat menggunakan strategi agresif dengan cara memanfaatkan strategi Strength-Opportunity (SO) sebagai strategi pengembangan usaha. Kemudian untuk strategi pengembangan usaha Katering CV. Iyos Berkah Mandiri telah menerapkan strategi dari sisi produk dan sistem penjualan dan dapat memanfaatkan strategi pengembangan usaha dengan strategi integrasi vertikal dengan bergabung dalam rantai pasokannya seperti usaha bahan baku pangan agar dapat menurunkan sejumlah biaya untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan strategi horizontal dengan mengakuisisi usaha seperti kantin-kantin untuk dapat menjangkau segmen pasar baru dan memvariasikan penawaran produk dan strategi sinergisme dengan menciptakan sinergi di dalam perusahaan dan mengembangkan jejaring sosial di luar perusahaan dibangun dengan cara merekrut karyawan berbakat dari dunia usaha agar dapat menerapkan teknologi baru dan mendorong inovasi atau dengan cara bermitra dengan perusahaan lokal maupun nasional untuk menjangkau peluang pasar yang lebih luas agar usaha Katering CV. Iyos Berkah Mandiri dapat bertahan dan berkembang untuk memperbesar pertumbuhan untuk meraih kemajuan secara maksimal.
Kata kunci: Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Usaha.
- COVER_Maelinda Hahdatia_2412008043.pdf
- BAB I_Maelinda Hahdatia_2412008043.pdf.pdf
- BAB II_Maelinda Hahdatia_2412008043.pdf.pdf
- BAB III_Maelinda Hahdatia_2412008043.pdf.pdf
- BAB IV_Maelinda Hahdatia_2412008043.pdf.pdf
- BAB V_Maelinda Hahdatia_2412008043.pdf.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_Maelinda Hahdatia_2412008043.pdf.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.