Pengaruh Promosi Dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Indomaret Kelapa Dua Jakarta

Engga Nugraha
2412008086
2024
Pengaruh Promosi Dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Indomaret Kelapa Dua Jakarta
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

ENGGA NUGRAHA. NIM 2412008086. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Kelapa Dua Jakarta. Tingginya tingkat persaingan antar perusahaan ritel saat ini menyebabkan perusahaan ritel saling bersaing untuk menguasai pasar. Perusahaan retail berlomba-lomba menjual produknya dalam jumlah besar dengan menghasilkan penjualan yang besar dan menjual produk secara cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Kelapa Dua Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 86,5% faktor-faktor keputusan pemeblian dapat dijelaskan oleh Promosi dan Kualitas Pelayanan sedangkan sisanya 13,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli dengan hasil analisis yaitu nilai F hitung (318,669) > F tabel (2,70). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Promosi menunjukkan hasil analisis t hitung (7,943) dan variabel Kualitas Pelayanan menunjukkan hasil analisis t hitung (3,532) dimana t tabel (1,984) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Indomaret Kelapa Dua Jakarta. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan membeli di Indomaret Kelapa Dua Jakarta adalah Promosi.

Kata kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
101