PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN CV. FIVA FOOD & MEAT SUPPLY DI JATIBENING

Muhammad Kurnia Mustajabi
2412008114
2024
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN CV. FIVA FOOD & MEAT SUPPLY DI JATIBENING
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Dalam konteks masyarakat yang semakin sibuk, produk pangan beku menjadi alternatif populer, mendorong pertumbuhan industri makanan beku. CV. Fiva Food & Meat Supply, sebuah perusahaan pengolahan daging dengan sertifikasi halal BPOM-MUI, menghadapi fluktuasi penjualan bulanan dan berupaya meningkatkan penjualan tahunan melalui strategi promosi yang kuat dan perluasan pasar. Untuk bersaing dengan merek-merek besar seperti Belfoods dan So Good, perusahaan ini perlu meningkatkan kesadaran merek melalui promosi agresif dan strategi branding inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 104 responden yang dipilih secara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas produk, promosi, dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F (simultan) diperoleh nilai Fhitung sebesar 32,218 > Ftabel (1,690) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas produk, promosi, dan harga secara bersama-sama maupun parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, CV. Fiva Food & Meat Supply perlu terus meningkatkan kualitas produknya, memperkuat strategi promosi, dan mempertahankan harga yang kompetitif untuk meningkatkan keputusan pembelian dan kesadaran merek di pasar yang semakin ketat.

Kata kunci: Kualitas Produk, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, CV. Fiva Food & Meat Supply.

S1 Manajemen
33