Pengembangan Strategi Pada PT Cahaya Amarta Teknologi

Nisa Olivia
2412008126
2024
Pengembangan Strategi Pada PT Cahaya Amarta Teknologi
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi posisi strategis PT Cahaya Amerta Teknologi menggunakan analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat perusahaan dalam memanfaatkan faktor-faktor internal dan eksternal yang ada guna menentukan strategi yang paling sesuai dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini mencakup evaluasi matriks IFE dan EFE untuk menilai kekuatan dan kelemahan internal perusahaan, serta peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Cahaya Amerta Teknologi memiliki posisi yang kuat baik dari segi internal dengan nilai IFE sebesar 3,08, maupun dari segi eksternal dengan nilai EFE sebesar 3,54. Lebih lanjut, kombinasi dari analisis IFE dan EFE menempatkan perusahaan dalam kuadran I pada matriks IE, yang menunjukkan posisi yang menguntungkan untuk menerapkan strategi "Grow and Build". Strategi ini mengindikasikan bahwa PT Cahaya Amerta Teknologi memiliki potensi besar untuk mengembangkan usahanya lebih lanjut, dengan fokus pada pengembangan sumber daya yang ada, ekspansi pasar, serta peningkatan kualitas layanan yang ditawarkan. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memperkuat posisi perusahaan di pasar, meningkatkan daya saing, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Kata kunci: Kata Kunci: Manajemen Strategi, SWOT, Faktor Internal, Faktor Eksternal

S1 Manajemen
89