PENGARUH IKLAN, PEMBERIAN HADIAH DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SO GOOD PADA TOKO WULAN BEKASI
Akhir - akhir ini, produksi dan penjualan produk makanan beku berkembang pesat, begitu pula persaingannya yang semakin ketat. Agar perusahaan dapat mempertahankan eksistensinya, diperlukan pemahaman mengenai strategi pembuatan iklan, program promosi seperti pemberian hadiah, dan pembuatan desain kemasan. Pengaruh lingkungan sosial konsumen dan faktor - faktor yang memotivasi mereka untuk melakukan pembelian juga penting untuk diketahui perusahaan. Namun, banyaknya ide promosi belum tentu dapat secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan, pemberian hadiah, dan desain kemasan terhadap keputusan pembelian produk So Good di Toko Wulan Bekasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode Accidental Sampling, dan sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 66,6% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh iklan, pemberian hadiah, dan desain kemasan, sementara sisanya sebesar 33,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel iklan memiliki nilai thitung sebesar (1,974) variabel pemberian hadiah memiliki nilai thitung sebesar (6,039) dan variabel desain kemasan memiliki nilai thitung sebesar (5,090) dengan ttabel sebesar (1,984723). Ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel iklan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk So Good di Toko Wulan Bekasi. Sedangkan dua variabel lainnya, yaitu pemberian hadiah dan desain kemasan, secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk So Good di Toko Wulan Bekasi. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel iklan, pemberian hadiah, dan desain kemasan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai Fhitung sebesar (66,696) yang lebih besar dari Ftabel sebesar (2,70). Untuk variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian produk So Good di Toko Wulan Bekasi, dapat dilihat dari nilai Standardized Coefficient Beta tertinggi, yaitu variabel pemberian hadiah dengan nilai sebesar (0,437).
Kata kunci: Iklan, Pemberian Hadiah, dan Desain Kemasan
- COVER_GERNI RIDA PANGESTI_2412008194.pdf
- BAB I_GERNI RIDA PANGESTI_2412008194.pdf
- BAB II_GERNI RIDA PANGESTI_2412008194.pdf
- BAB III_GERNI RIDA PANGESTI_2412008194.pdf
- BAB IV_GERNI RIDA PANGESTI_2412008194.pdf
- BAB V_GERNI RIDA PANGESTI_2412008194.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_GERNI RIDA PANGESTI_2412008194.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.