PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HOKBEN KITCHEN BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR

Fickry Aldianto
-
2412008266
2024
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HOKBEN KITCHEN BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Semakin berjalannya waktu semakin juga restoran diluar sana dan persaingan yang semakin ketat mengakibatkan masyarakat memiliki pandangan terhadap kualitas produk, harga dan promosi yang ditawarkan oleh perusahaan. Saat ini banyaknya kompetisi restoran tidak hanya kualitas produk, namun variabel lain juga mempengaruhi value konsumen dalam melakukan pembelian. Banyak perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan apa yang mereka inginkan agar suatu perusahaan menentukan strategi pemasaran. Dikaitkan dengan penelitian yang dilakukan dengan judul Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Hokben Kitchen Babakan Madang kabupaten Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Hokben Kitchen Babakan Madang Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Incidential sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 60,00% faktor-faktor keputusan pembelian di Hokben Kitchen Babakan Madang Kabupaten Bogor dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan promosi sedangkan sisanya 40,00% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Hokben Kitchen Babakan Madang Kabupaten Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (50,456) > dari Ftabel = 2,70. Hasil Uji t menunjukkan variabel kualitas produk hasil analisis thitung (3,635), dan harga (4,371) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel promosi menunjukkan hasil thitung (0,233) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Hokben Kitchen Babakan Madang Kabupaten Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Hokben Kitchen Babakan Madang Kabupaten Bogor adalah Harga.

Kata kunci: kualitas produk, harga, promosi, keputusan pembelian

S1 Manajemen
75