PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CV. BANGKIT JAYA SOLUSINDO

Fina Marwah Permata
2412008526
2024
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CV. BANGKIT JAYA SOLUSINDO
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Dunia usaha semakin berkembang, dimana perkembangan yang pesat juga senantiasa berubah bentuk. Evolusi bisnis juga menyebabkan perubahan dalam cara pesaing beroperasi. Persaingan ketat dalam dunia usaha salah satunya jasa pengiriman paket internasional. Untuk mencapai posisi yang lebih baik, setiap perusahaan harus memperhatikan kepuasan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian CV. Bangkit Jaya Solusindo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linier regresi berganda. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga dan promosi sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung > Ftabel. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung > ttabel dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung > ttabel, maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian CV. Bangkit Jaya Solusindo. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah promosi.

Kata kunci: Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
31