STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA KEDAI MARTABAK TERANG BULAN

Budi Aris Setiawan
2412008241
2024
STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA KEDAI MARTABAK TERANG BULAN
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Studi kelayakan bisnis Martabak Terang Bulan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bisnis kuliner yang dibutuhkan Masyarakat. Seperti yang kita ketauhi bisnis kuliner setiap tahunnya mengalami perubahan mulai dari produk yang dihasilkan bahkan konsep tempat. hal ini tentunya menyebakan persaingan yang ketat pada bisnis kuliner yang kini banyak diminati penggiat usaha dikarenakan berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan usaha Martabak Terang Bulan. Untuk mengetahui dan menganalisis kelayakan usaha maka dilakukan analisis dari aspek nonfinansial dan aspek finansial. Hasil penelitian ini menunjukan pada setiap aspek di katakan layak, diantaranya pada aspek keuangan. Berdasarkan pada perhitungan Payback Period bahwa pada nilai investasi kembali dalam waktu 1 tahun 2 bulan 11 hari, perhitungan Net Presen Value sebesar Rp. 184.310.421.- bernilai positif, Internal Rate Of Return sebesar 11% dinyatakan layak dan Profitability Index sebesar 1,07 dinyatakan layak.

Kata kunci: Studi Kelayakan Bisnis, Pemasaran, MSDM, Keuangan.

S1 Manajemen
153