PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. BHANUMITRA INDO ASIA
Semakin berkembangnya dunia furniture dan interior yang estetik, nyaman dan berkualitas maka semakin bermunculan juga bisnis atau usaha bidang furniture dan interior material. Adapun permasalahan yang dihadapi adalah harga yang mampu bersaing dengan kompetitor namun disisi lain pelanggan menginginkan kualitas produk yang baik dan kualitas pelayanan yang prima agar merasa puas berbelanja dan memesan lagi di PT. Bhanumitra Indo Asia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. Bhanumitra Indo Asia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT. Bhanumitra Indo Asia sebanyak 110 dan peneliti menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Hasil uji regresi 0,3594 menunjukan bahwa 35, 94% faktor-faktor kepuasan pelanggan dipengaruhi harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan dan sisanya dipengauhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel harga, kualitas produk, kualitas pelayanan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis Fhitung (82,572) > dari Ftabel = (2,71). Hasil uji t menunjukan bahwa variabel harga menunjukan hasil analisis thitung (19,525) > ttabel (1,980) dan signifikasi 0,000, variabel kualitas produk thitung (-4,761) < ttabel (2,71) dengan signifikasi 0,149 dan variabel kualitas pelayanan thitung (3,218) < ttabel (2,71) dengan signifikasi 0,002. Maka, secara parsial variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Bhanumitra Indo Asia. Variabel dominan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah variabel harga (0,934).
Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
- Cover_Syahisyah Doman Bustomi_2411907639.pdf
- BAB I_Syahisyah Doman Bustomi_2411907639.pdf
- BAB II_Syahisyah Doman Bustomi_2411907639.pdf
- BAB III_Syahisyah Doman Bustomi_2411907639.pdf
- BAB IV_Syahisyah Doman Bustomi_2411907639.pdf
- BAB V_Syahisyah Doman Bustomi_2411907639.pdf
- Daftar Pustaka_Syahisyah Doman Bustomi_2411907639.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.