PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK AL HAFIDZ LEUWILIANG

Dedi Supriatna
2412008556
2024
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK AL HAFIDZ LEUWILIANG
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Peningkatan kinerja guru sangat berpengaruh penting terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Namun kenyataanya, masih banyak guru yang memiliki kinerja yang masih kurang baik, baik dalam hal merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian proses dan penilaian hasil, maupun dalam mengevaluasi pembelajaran. Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal termasuk tipe kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Al Hafidz Leuwiliang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampel jenuh (mengambil semua populasi sebagai sampel). Adapun sampel tersebut berjumlah 30 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional, motivasi, dan disiplin kerja secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen yaitu kinerja guru di SMK Al Hafidz Leuwiliang sebesar 50,9% sedangkan sisanya 49,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepemimpinan transformasional, motivasi, dan disiplin kerja secara serempak berpengaruh signifikan dan signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (11,017) > Ftabel (4,640). Hasil uji t menunjukan bahwa varibel kepemimpinan transformasional menunjukan hasil analisis nilai thitung (0,891) dan motivasi menujukan hasil analisis nilai thitung (1,273) dimana nilai ttabel (2,056), maka secara parsial kedua variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Sedangan variabel disiplin kerja secara parsial memiliki nilai thitung (3,638) yang lebih besar dari nilai ttabel (2,056), maka secara parsial disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru

Kata kunci: disiplin kerja, kepemimpinan transformasional, kinerja guru, motivasi kerja

S1 Manajemen
47